ASI lebih baik daripada susu Formula

Sabtu, 29 Mei 2010 |

Para ibu yang usai melahirkan sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara intensif kepada sang bayi. Kehadiran sang buah hati adalah anugerah terindah bagi pasangan suami istri. Tahukah ibu bahwa pemberian ASI membantu gen ditubuh sang buah hati untuk melawan penyakit?

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sejak lama oleh para ilmuwan yaitu sejumlah peneliti dari Universitas Illinois, Amerika Serikat, menemukan bahwa ASI mampu meningkatkan fungsi kemampuan gen di tubuh bayi untuk melawan penyakit. Dan bayi baru lahir yang mendapatkan air susu ibu (ASI) memiliki sistem imun yang lebih baik, jarang alergi dan lebih kebal terhadap berbagai penyakit kronik, seperti asma, tetapi bagaimana ASI bisa melakukannya baru diketahui sekarang.

ASI dan susu formula memiliki dampak ekspresi gen secara berbeda. "ASI berevolusi menjadi makanan bayi baru lahir karena mengandung berbagai elemen bioaktif, seperti hormon dan faktor pertumbuhan," kata Donovan.

Sebaliknya, susu sapi (komponen utama dalam susu formula) diciptakan untuk memberi makan anak sapi. Karena itu, komposisinya jauh berbeda dengan susu manusia dan elemen bioaktifnya sudah banyak yang rusak ketika diproses menjadi susu formula.

Meski produsen susu formula terus melakukan riset agar komponen susu formula mendekati ASI, nyatanya walau sudah ribuan tahun manusia memberi ASI untuk bayi, hingga saat ini para ilmuwan masih belum mengetahui apa yang menyebabkan ASI memiliki banyak keunggulan.

Para ibu mari tingkatkan pemberian ASI kepada buah hati kita agar buah hati kita dapat memiliki tubuh yang kuat dan sehat.

0 komentar:

Poskan Komentar