Internet via jaringan GSM atau CDMA?

Senin, 17 Mei 2010 |

Internet via jaringan GSM atau CDMA?

Tulisan ini dibuat untuk membantu teman-teman yang ingin memilih modem wireless yang tepat sesuai dengan keinginan...

Bingung memilih jenis modem wireless yang tepat? Yah... memang sekarang banyak sekali pilihan... Saking banyaknya sampai rasanya semua ingin dimiliki :D

Jaringan wireless untuk internet melalui operator seluler pada dasarnya ada 2 macam, yaitu operator seluler jenis GSM, dan operator seluler jenis CDMA. Kedua jenis operator seluler ini sekarang bersaing untuk memperebutkan konsumen yang memerlukan jasa koneksi internet wireless.

Modem jaringan GSM memiliki 4 jenis model yang akan dipengaruhi oleh jenis jaringannya :
1. Modem 2G/2,5G (GPRS/EDGE) ---> Kecepatan download max 153 kbps
2. Modem 3G ---> Kecepatan download max 384 kbps
3. Modem 3,5G (HSDPA) ---> Kecepatan download max 3,6 mbps, upload max 384 mbps
4. Modem 3,75G (HSUPA/HSPA) ---> Kecepatan download max 7,2 mbps, upload max 5,4 mbps

Kecepatan koneksi yang bisa didapat oleh modem tentu akan bergantung pada alat, kuat sinyal jaringan operator, dan lokasi coverage BTS. Jadi.. biarpun punya modem HSPA tapi kalo di lokasi tempat akan melakukan koneksi hanya mendukung jaringan GPRS, maka kecepatan yang anda dapat adalah kecepatan GPRS.

Bagaimana dengan modem jaringan CDMA?

Ada 3 macam jenis model yang akan dipengaruhi oleh jenis jaringannya :
1. Modem CDMA 1x ---> Kecepatan download max 153 kbps
2. Modem EVDO REV 0 ---> Kecepatan download max 2,4 mbps
3. Modem EVDO REV A ---> Kecepatan download max 3,1 mbps, upload max 1,8 mbps

Dan seperti halnya modem di jaringan GSM, modem CDMA juga dipengaruhi jenis alat, kuat sinyal jaringan operator, dan lokasi coverage BTS. Jadi kalo pun misalnya modem nya sudah EVDO REV A, tapi jaringan hanya support CDMA1x, maka kecepatan maksimal yang bisa dicapai adalah kecepatan CDMA1x.

Oke... itu semua adalah kecepatan alat... bagaimana kecepatan real nya??

Sejauh pengalaman saya mencoba.... untuk operator GSM seperti Indosat, Telkomsel, atau pun XL yang telah mengeluarkan paket internet unlimited... Kecepatan maksimal yang bisa dicapai nya variatif. Untuk Indosat saya pernah mendapatkan kecepatan sampe 2,4 mbps (katanya yang lain bisa 7,2 mbps). Sedangkan Telkomsel sekitar 2 mbps (banyak juga orang yg pernah dapat speed 7,2 mbps). XL, saya cuma pernah dapat 256 kbps (tapi ada juga kartu yang bisa sampe 3,6 mbps). Itu kalo internet nya bukan paket unlimited... kalo paket unlimited biasanya kecepatan udah di set tidak melebihi 256 kbps untuk semua operator.... Jadi sebenarnya kalo mau pake paket unlimited, cukup menggunakan modem 3G saja sudah cukup :) Tapi kalo misalkan pake paket volume based atau time based, disarankan untuk menggunakan modem dgn teknologi terbaru, terutama jika BTS nya support utk kecepatan tinggi.

Untuk operator CDMA seperti Flexi, Starone, Smart, Mobi atau pun Wimode yang telah juga telah mengeluarkan paket unlimited, kecepatannya pun variarif. Sejauh yang saya coba, rata-rata operator CDMA masih memiliki kecepatan 153 kbps karena masih di jaringan CDMA1x, kecuali Mobi dan Smart yang sudah support EVDO. Untuk Flexi, kecepatan maksimal nya adalah 153 kbps, tapi sejauh yang saya coba, cuma dapat sekitar 48-64 kbps aja... Starone termasuk bagus karena bisa mencapai kecepatan 153 kbs sesuai dengan kecepatan maksimal jaringannya dan cukup stabil. Wimode saya belum pernah coba... tapi sepertinya kurang lebih seperti Flexi. Sedangkan untuk Mobi, kecepatannya bisa sampai 1,8 mbps waktu saya coba. Kalo Smart, secara teori bisa sampai 3,1 mbps, walau saya paling tinggi dapat cuma 2,2 mbps (ada juga yang memang bisa mencapai 3,1 mbps).

Khusus untuk modem CDMA, harus diperhatikan bahwa ada 2 jenis frekuensi yang bekerja, yaitu 800 mhz dan 1900 mhz. Semua operator CDMA selain Smart menggunakan frekuensi 800 mhz dan Smart sendiri menggunakan frekuensi 1900 mhz. Jadi kalo anda ingin menggunakan Smart sebagai operator, maka anda harus memilih modem yang support di frekuensi 1800 mhz. Setau saya modem CDMA1x cuma support 800 mhz sedangkan yang EVDO rev A sudah bisa support 800/1900 mhz.

Nah.. sekarang pandai-pandai lah memilih kombinasi modem dan operator seluler yang sesuai dengan kebutuhan anda :) Karena percuma saja memiliki modem canggih tapi jaringan nya tidak support atau sebaliknya :)

Selamat berinternet wireless :)

1 komentar:

didy17s mengatakan...

Thanx bro atas informasinya...
Sngat brharga

Poskan Komentar